Kutai Timur

Warga Harapkan Pemerintah Ikut Serta Kembangkan Wisata Tersembunyi di Selangkau

Upnews.id Sangatta- Air Terjun Tangga Bidadari letaknya di Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Lokasi tersebut berdekatan dengan Pantai Jepu-Jepu. Untuk menuju ke sana diperlukan waktu 45 menit dari Jepu-jepu sendiri menyusuri garis pantai selanjutnya memasuki area tambak warga dan perkebunan sepanjang 12 kilometer.

Selangkau sendiri merupakan salah satu desa yang berbatasan dengan pesisir Selat Makassar,  Air terjun berundak-undak mirip seperti tangga dengan lantai yang terbentuk dari bagian karst tangga ini punya air yang jernih dan bisa diminum langsung berasal dari sumber mata air pegunungan Karst Sangkulirang Mangkalihat dengan suasana tenang dan rimbunnya pepohonan.

“Tempat ini sangat menyenangkan dan mereklasasi pikiran. Saya sering berkunjung kesini ketika pikiran sudah penat setelah bekerja,” ucap Sukriadi salah satu yang warga Sangatta yang tengah berlibur ke Air Terjun Tangga Bidadari bersama keluarga.

Sukriadi berharap kawasan wisata ini harus tetap hijau dan asri, sehingga ketersediaan air tetap terjaga.

Tingkatkan PAD Desa Lewat Wisata Air Terjun Embang Lemun

“Menjaga kawasan Air Terjun Bidadari tetap hijau, tanggung jawab bersama terutama masyarakat yang peduli lingkungan hidup,” katanya.

lebih jauh, dirinya juga meminta kepada pemerintah terkait untuk ikut andil dalam mengembangkan wisata yang tersembunyi diselangkau ini, mulai dari akses jalan dan fasilitas lainnya.

“Untuk pelestariannya bisa dengan cara menanam pohon selain berguna dalam pengembalian ekosistem yang ada, juga memberikan manfaat kesehatan manusia dan penghijauan untuk mengamankan lahan yang ada dari longsor dikala hujan,” tutupnya. (nz)

Baca Juga

Back to top button