Kutai TimurPolitikRagam

Ulang Tahun, Arfan Gelar MTQ Tingkat TK/TPA se Bengalon

5 Cabang Lomba MTQ Rahmah Jaya ke-3 Diikuti Oleh 180 Santri

Upnews.id, Bengalon – Jika perayaan ulang tahun pada umumnya dengan potong kue. Beda halnya dengan apa yang dilakukan oleh keluarga Arfan, SE., M.Si, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kutai Timur.

Dihari ulang tahun pernikahannya yang ke-26, yang juga bertepatan dengan ulang tahun sang putri ke-20 pada 28 Maret ini. Pihak keluarga telah mendiskusikan sejak lama bakal menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-3 se Kecamatan Bengalon.

Dengan diseponsori penuh oleh Hotel Rahmah Jaya, dan didukung oleh Ikatan Kerukunan Anak Rantau (IKRAR). Akhirnya apa yang diniatkan dapat dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 26 Maret 2022, dengan mengambil tempat di halaman Majid Al-Akbar.

Baca Juga : DPD NasDem Kutim Bantu 1 Ton Beras Untuk Korban Banjir

Menurut keterangan Arfan saat membuka MTQ (25/03/2022), hal serupa juga beberapa tahun silam telah dilakukan, baik berupa pertandingan futsal maupun bulu tangkis se Kecamatan Bengalon.

“Ulang tahun pernikahan kami tanggal 28 Maret, alhamdulilah putri kami juga lahir tanggal 28 maret tepat malam lebaran Dzulhijjah. Dan waktu masih kolot, keluarga pindah kediaman juga tanggal 28 Maret, tidak disengaja. Sejarah bagi keluarga,” sebut Arfan.

Pelaksanaan MTQ kali ini diikuti oleh 22 TK-TPA se Kecamatan Bengalon dengan total peserta 180 anak. Dihadapan Muspika, Ustad, Tokoh Masyarakat maupun seluruh peserta, Afan berharap ajang ini merupakan kesempatan bagi seluruh santri untuk menunjukan kemampuannya, setelah selama ini mengaji.

Ulang Tahun, Arfan Gelar MTQ Tingkat TK/TPA se Bengalon

 

Ulang Tahun, Arfan Gelar MTQ Tingkat TKTPA se Bengalon
Arfan dan Direktur Hotel Rahmah Jaya Bersama Dengan Panitia MTQ

“Inilah kesempatan yang kita berikan kepada para santri yang sudah belajar. Untuk tampil dimuka umum. Insya Allah, kalau sudah diberikan kesempatan, punya pengalaman. Nantinya bisa berbakti dan bisa didistribusikan ke masjid-masjid,” tambah Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim itu.

Arfan menyebut, jika hadiah dari Direktur Hotel Rahmah Jaya untuk para juara tahun ini cukup besar. Ditargetkan, pada pelaksanaan MTQ tahun depan dapat memberikan hadian yang jauh lebih besar lagi.

Oleh sebab itu, dirinya meminta untuk tahun depan agar setiap TK-TPA sudah mempersiapkan diri. Dan dapat berkoordinasi dengan IKRAR yang didalamnya diisi oleh anak-anak sholeh yang mendedikasikan dirinya pada agama.

“Ini tanggung jawab kita semua untuk melahirkan Imam, Muadzin di masjid-masjid. Sehingga kita tidak kesulitan lagi untuk mencari Imam untuk sholat,” pintanya.

Baca Juga : Arfan Tuntas Kawal Musrenbang 18 Kecamatan

Sementara itu, menurut keterangan Sultan S.H.I selaku Ketua IKRAR yang juga Ketua MTQ Rahmah Jaya ke-3. “Dengan mengambil tema Ulama dan Umara Serta Masyarakat Bersama Membangun Generasi Berilmu dan Beriman Menuju Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghafur”. Pihaknya membuka 5 cabang lomba dalam MTQ.

“Tilawatil Qur’an putra-putri, Tartil putra putri, Adzan Putra, Pidato Putra Putri dan Hafalan Putra Putri,” sebutnya.

Atas kesempatan yang diberikan untuk menggelar agenda tersebut, dirinya berharap MTQ ini dapat menajdi ajang silaturahmi. Sekaligus memberikan kesempatan bagi generasi muda Bengalon untuk dapat berprestasi, baik itu ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button