HeadlineKutai TimurRagam

Naluri Tempur Prajurit Lanal Sangatta Diuji

Tim Penguji Langsung Dari Koarmada II

Upnews.id, Sangatta – Seluruh prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Mako Lanal Sangatta. Tengah menjalani Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Galagaspur), pangkalan tingkat 1 dan pangkalan tingkat 2 (P1/P2), sejak Kamis (17/3/2022).

Menurut keterangan Komandan Lanal Sangatta (Danlanal), Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi. Materi yang hari pertama yang diujikan dalam Galagaspur terdiri dari, uji tulis, Cross Country (CC), PDD Khas, Bongkar Pasang Senjata, Pluit, Tali Temali, Kirim terima berita menggunakan isyarat sinar atau morse dan semaphore. Hingga uji menembak laras panjang, pitsol dan persemayaman serta pemakaman.

Baca Juga : Teroris Pasang Bom Di Mako Lanal Sangatta

“Uji terampil Galagaspur rencananya digelar selama 2 hari. Dan langsung dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Mulyadi selaku Ketua Tim, yang didampingi oleh Letkol Laut (P) Woddy Oktavia, Mayor Laut (P) Sugeng Subagiono dan 5 anggota penguji,” sebut Danlanal.

Seluruh penguji merupakan tim yang diterjunkan langsung dari Kantor Pusat Komando Armada (Koarmada) II yang berpusat di Surabaya.

Naluri Tempur Prajurit Lanal Sangatta Diuji

Naluri Tempur Prajurit Lanal Sangatta Diuji
Naluri Tempur Prajurit Lanal Sangatta Diuji

Danlanal melalui Palaksa Mayor Laut (P) Herwanto menjelaskan. Jika Uji Terampil Galagaspur yang dilaksanakan setiap tahun tersebut, guna menguji keterampilan dan ketangkasan seluruh prajurit, sebagai tolak ukur tingkat kesiap siagaan dalam operasi satuan.

“Terus berlatih, asah kemampuan. Lebih baik mandi keringat di medan latihan, daripada mandi darah di medan pertempuran,” jelas Palaksa.

Baca Juga : Lanal Sangatta Vaksinasi Ratusan Warga Bengalon

Palaksa berharap, semoga seluruh prajurit Lanal Sangatta kedepannya akan meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi tuas yang semakin kompleks dan dinamis. (Ron/Dr)

Baca Juga

Back to top button