Kutai TimurOlahraga

KONI Bakal Gelar PORKAB KUTIM I dibulan April

8 Cabor Bakal Dipertandingkan

Dengan adanya PORKAB ini bisa melihat potensi yang ada di 18 Kecamatan, serta dapat menjadi suatu parameter atlet-atlet asli Kutai Timur.”

Upnews.id, Sangatta – Sejarah baru dalam olahraga Kutai Timur bakal tersaji pada bulan April 2020 mendatang. Hal itu setelah Komite Olahraga Nasional (KONI) Kutim, merencanakan terselenggaranya Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Kutai Timur untuk yang pertama kalinya sejak lembaga otoritas keolahragaan berdiri di Kabupaten ini.

Menurut keterangan Heriansyah Masdar selaku Ketua Umum Koni Kutim, pihaknya hanya menjalankan AD ART, bahwa PORKAB, PORPROV dan PON merupakan giat dari KONI. Untuk mensukseskan PORKAB ke-satu yang melibatkan 18 Kecamatan sebagai peserta, KONI Kutim telah membentuk koordinator olahraga disetiap Kecamatan.

Terkait jumlah Cabang Olarhaga (CABOR) yang bakal dipertandingkan, KONI selaku regulator sekaligus pelaksana telah melakukan rapat bersama DISPORA Kutim dari pihak Pemerintah selaku pemegang anggaran. Berdasarkan monitoring dengan pihak Kecamatan yang melihat ketersediaan fasilitas olahraga disetiap Kecamatan, maka diputuskan maksimal 8 Cabang Olahraga. “ada Sepak Bola, Silat, Atletik, Bulu Tangkis, Bola Voli, Takraw, Catur dan Tenis meja.” Ujar Ketua Umum Koni.

PORKAB merupakan salah satu cara Pemerintah dan KONI berikan rasa keadilan bagi masyarakat di 18 Kecamatan bisa turut merasakan pesta olahraga. Selain itu “Dengan adanya PORKAB ini bisa melihat potensi yang ada di 18 Kecamatan, serta dapat menjadi suatu parameter atlet-atlet asli Kutai Timur.” Tegas Heriansyah saat ditemui di ruang kerjanya (15/1).

Untuk kurangi mendatangkan atlet dari luar sesuai target Ketua Umum KONI Kutim Periode 2019-2023 itu, maka event secara sistematis menjadi kuncinya. Oleh sebab itu, Koordinator Olahraga di Kecamatan serta para Camat dapat mengirimkan atlet-atlet terbaiknya pada PORKAB Kutim ini.

“PORKAB Kutim ini juga atas permintaan Bupati, dengan harapan dapat meningkatkan SDM khususnya bidang olahraga disetiap Kecamatan demi prestasi dimasa yang akan datang.” Tutup Heriansyah.

Melihat kesiapan sarana prasarana serta fasilitas  penunjang olahraga, maka Kecamatan Sangatta utara didapuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Kabupaten Kutai Timur Pertama. (Nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close