HeadlineKutai Timur

Kapolsek Teluk Pandan Gandeng PSHT Berbagi Takjil

Panitia Sholat IED Diwajibkan Koordinasi Dengan Petugas

Upnews.id, Sangatta – Bulan Suci Ramadhan menjadi salah satu moment untuk berbagi dengan sesama. Hal itu dilakukan oleh jajaran Polsek Teluk Pandan yang bekerjasama dengan PSHT ranting Teluk Pandan, dengan membagikan ratusan takjil buka puasa di Simpang 3 Bontang-Sangatta.

Pejabat Sementara (PS) Kapolsek Teluk Pandan, IPDA Suyamto juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan harapan badai pandemi Covid-19 yang melanda India tidak terjadi di negeri ini.

Oleh sebab itu, pada perayaan Idul Fitri tahun ini ada beberapa perbedaan. Pertama, untuk takbiran keliling ditiadakan, dan digantikan dengan takbiran di masjid dan musala secara terbatas maksimal 10% dari kapasitas.

“Untuk Sholat Idul Fitri dapat diadakan di masjid dan lapangan. Hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, yaitu zona hijau dan zona kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang. Serta memperhatikan standar protokol kesehatan,” jelas IPDA Suyamto.

Terkait kapasitas jemaah Salat Idul Fitri, tidak boleh melebihi 50% demi menjaga jarak antar jemaah. Panitia sholat IED juga dianjurkan menggunakan alat pengecek suhu, demi memastikan kondisi jamaah sehat. Dan pelaksanaan khutbah dilaksanakan secara singkat maksimal 20 menit.

Sementara untuk jamaah lanjut usia, orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh atau dari perjalanan. Disarankan tidak menghadiri sholat Idul Fitri di masjid dan lapangan.

“Sebelum menggelar sholat Idul Fitri, panitia diwajibkan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Satgas Penanganan Covid-19 dan keamanan. Untuk mengetahui informasi status zonasi dan menyiapkan tenaga pengawas, agar prokes dijalankan dengan baik,” jelasnya.

PS Kapolsek juga menghimbau agar silaturahim dalam rangka Idul Fitri, hanya dilakukan bersama keluarga terdekat dan tidak menggelar kegiatan Open House/Halal Bihalai di lingkungan kantor atau komunitas.

Kegiatan berbagi pada Sabtu (08/05/2021) itu, ditutup dengan berbuka puasa bersama. Yang diikuti oleh ketua ranting PSHT mas Supriadi, Babinkamtibmas Desa Suka Rahmat Bripka M. Sholikin dan relawan. (Nz)

Related Articles

Back to top button
Close