Bontang

Gelar Vaksinasi, Lanal Sangatta Jemput Bola Nelayan Di Kapal Yang Baru Sandar

Upnews.id, Bontang – Meningkatnya angka penyebaran wabah Covid-19 di elemen masyarakat Bontang, membuat Pangkalan TNI AL Sangatta kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 secara totalitas dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Kali ini mengambil tempat di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau Kec.Bontang Utara Kota Bontang, pada Rabu (25/08/21)

Kegiatan Servak Covid-19 ini diikuti oleh warga Pesisir Kota Bontang yang sudah pernah melaksanakan Vaksin Tahap 1, dengan target utama yakni para Nelayan  usai berhari-hari melaut dan tengah sandar untuk menjual hasil tangkapannya.

Komandan Pangkalan TNI AL Sangatta yang di wakili Palaksa Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Herwanto, S.T., M.M., M.Tr. Opsla didampingi Danposal Bontang Letda Mar Koko Hamsyah. Saat melaksanakan peninjauan mengatakan, kegiatan Servak Covid-19 terhadap para nelayan ini dalam rangka turut serta mensukseskan program Pemerintah untuk pencegahan penyebaran Wabah Covid-19 dan menindaklanjuti perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Perintah KSAL yakni agar jajaran TNI AL untuk terus berperan aktif menggencarkan Serbuan Vaksinasik epada warga Pesisir, khususnya para Nelayan. Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kerja masing-masing, menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19.

“Anak Buah Kapal (ABK) nelayan yang baru sandar di Dermaga TPI Tanjung Limau prioritas sasaran Serbuan Vaksin massal di Bontang kali ini. Selanjutnya dengan Prokes ketat, 4 Vaksinator Lanal Sangatta melaksanakan Vaksinasi di dua tempat yaitu di Area TPI dan di atas kapal nelayan,” jelas Palaksa Lanal Sangatta.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Lanal Sangatta dalam percepatan pemerataan Suntikan Vaksin di Wilayah Pesisir Bontang, dengan demikian mereka tidak perlu susah payah mendatangi Rumah Sakit ataupun Puskesmas untuk mendapatkan Vaksinasi.

“Diharapkan dengan Vaksinasi ini dapat meningkatkan Herd Immunity (Kekebalan Komunal) para Nelayan, sehingga tetap bisa mencari ikan di Laut, karena produktivitas nelayan di Sektor Kelautan dan Perikanan dapat membantu dan menopang ketahanan pangan serta percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di musim Pandemi ini” tambahnya.

Kepala Balai Pengobatan (BP) Lanal Sangatta Letda Laut (K) dr.Brillian Ibnu Sina menyampaikan, dari pendaftar sebanyak 300 orang, semuanya berhasil divaksinasi dengan aman dan sehat dengan menggunakan Vaksin jenis Sinovac. Dari total keseluruhan Servak Covid-19 yang digelar oleh Lanal Sangatta, sampai dengan saat ini Lanal Sangatta sudah berhasil melakukan Serbuan Vaksinasi sebanyak 5020 orang baik vaksin Dosis 1 maupun Dosis 2 dan telah menghabiskan 502 vial.

“Untuk Servak kali ini Tim Kesehatan Lanal Sangatta di bantu oleh Nakes Dinkes Bontang dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Bontang,” jelasnya.

Diharapkan usai pelaksanaan Vaksinasi sebagian Nelayan tidak ragu-ragu lagi turun ke Laut untuk mencari ikan, karena sudah di Vaksin Covid-19 , sehingga terlindungi dari penularan Virus Corona., ucapnya. (RM/LN)

Baca Juga

Back to top button