KaltimKutai Timur

Bupati : SP4N LAPOR jadi Penangkal Hoaks

Upnews.id, Sangatta – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi Kaltim yang bekerjasama dengan USAID, Kemenpan RB dan Kementerian PPN/ Bapenas. Menggelar sosialisasi dan workshop self-assessment SP4N-LAPOR, bagi OPD dan Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, yang dikoordinir oleh Diskominfo Perstik Kutim.

Kegiatan sehari yang dilaksanakan di Hotel Royal Victoria Sangatta, pada Selasa (28/06/2022) itu, dibuka langsung oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman.

Baca Juga : BPKAD Kutim Gelar Workshop Pelaporan Keuangan 2021.

Dalam sambutannya, dirinya menilai aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) menjadi solusi. Terutama dalam menangkal dan menyaring berita atau laporan hoaks yang beredar.

“Lewat SP4N Lapor menampung laporan warga yang bisa dipertanggung jawabkan. Karena orang yang melaporkan di situs ini betul-betul berniat menyampaikan informasi demi perbaikan pelayanan publik, ” jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Kutim Terima Puluhan Laporan

Ardiansyah juga meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah kecamatan segera menyesuaikan kebutuhan guna menjadi bagian dari SP4N LAPOR.

“Contoh Rumah Sakit, Pemadam kebakaran, BPBD untuk segera terintegrasi dengan SP4N Lapor,” pintanya.

Bupati : SP4N LAPOR jadi Penangkal Hoaks

Bupati SP4N LAPOR jadi Penangkal Hoaks
Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman Membuka Workshop SP4N LAPOR (Foto : Upnews.id)

Seperti diketahui, SP4N LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara Nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id. juga dapat di download di play store dengan mengetik SP4N LAPOR.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

Baca Juga : Diskominfo Kaltim Sukses Gelar DUPAK Di Balikpapan

Sekretaris Kominfo Perstik Ronny Bonar melaporkan kegiatan sosialisasi didukung beberapa kementerian serta Lembaga Pembagnunan Internasional Amerika Serikat. Dalam sosialisasi nanti akan disampaikan ugensi penyusunan SP4N Lapor bagi pemerintah daerah.

“Nanti akan dijelaskan tahapan penyusunan pengaduan, mengidentifikasi pengaduan hingga pengolahan pengaduan di instansi Kabupaten yang hasil laporan terintegrasi dengan pemerintah pusat, ” ungkapnya.

Dalam sosialisasi yang digelar di Ballroom Hotel Royal Vitoria ini turut hadir Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kadis Kominfo Provinsi Muhammad Faisal, Kadis Kominfo Perstik Kutim Ery Mulyadi, perwakilan USAID dan peserta workshop. (NF)

Baca Juga

Back to top button