Kutai TimurRagam

Wartawan Kutim Contohkan Penerapan Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

Pelantikan AJKT Hanya Dihadiri Maksimal 50 Orang

Upnews.id, Sangatta – Awak Media yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT), memberikan contoh kepada masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Hal itu ditunjukan saat pelantikan kepengurusan AJKT periode 2020-2022.

Dimana sebelum pelantikan, ketua panitia terlebih dahulu harus mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan dan Polres Kutai Timur. Agar acara dapat dilaksanakan, maka pihak berwenang mengharuskan jumlah orang/undangan yang ada diruangan tidak boleh lebih dari 50.

“Selain jumlah undangan yang dibatasi, kami juga mewajibkan seluruh undangan dan teman-teman yang dilantik untuk menggunakan masker, serta mencuci tangan sebelum masuk ke dalam Hotel. Bukan itu saja, tempat duduk didalam ruangan diatur agar berjarak,” jelas Amri selaku Ketua Panitia.

Amri mengakui, banyak mitra dan relasi AJKT yang seharusnya diundang. Namun lantaran diwajibkan maksimal 50 orang maka tidak semua dapat diundang. Meski demikian, relasi dan mitra kerja AJKT tetap dapat menyaksikan prosesi pelantikan secara langsung melalui kanal Facebook. “Kami ingin memberikan contoh yang baik bagi masyarakat,” tegasnya.

Prosesi pelantikan kepengurusan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) periode 2020-2022, oleh Pjs Bupati Moh. Jauhar Efendi yang diwakili Staf Ahli Bupati Kutai Timur, Bidang Hukum dan HAM, Syahrir di Hotel Royal Victoria, Sangatta pada Rabu (21/10/2020) pukul 19.30. Wita berjalan dengan baik,aman dan sehat.

Yang istimewa pada prosesi pelantikan yakni, kehadiran dua tokoh Kutai Timur yang bakal maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutim 2020. ada H. Mahyunadi SE. M.Si dan H. Kasmidi Bulang ST. MM. sebagai Calon Bupati Periode Kutim 2021-2024.

Kepengurusan pada periode ini, akan dinahkodai oleh Sukriadi sebagai Ketua Umum, dan didampingi oleh Margaret Sarita selaku Sekretaris Umum dan Ardan Ahmad diposisi Bendahara. Serta disuport oleh 33 orang staf di bawahnya yang bakal mensuport program kerja kedepan.

Pjs. Bupati yang diwakili oleh Staf ahli mengucapkan selamat atas kepengurusan barunya, dan semoga dapat memberikan informasi yang menyejukan bagi masyarakat. “Saya ucapkan selamat dan sukses untuk kepengurusan AJKT. Dan saya harapkan agar awak media dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya hingga ke plosok desa,” harap Syahrir.

Sementara itu, Sukriadi usai dilantik menjelaskan. Jika AJKT merupakan wadah bagi jurnalis Online, Cetak, Televisi maupun Radio yang selama ini bekerja di Kutai Timur. Terkait program selama kepemimpinannya, Sukri mengaku bakal menjalankan pelatihan Jurnalistik hingga ke Desa-desa, sehingga pelajar dari tingkat dasar dapat memahai kerja-kerja Jurnalis.

“Salah satu program kami yakni, Pelatihan Jurnalistik ke Desa-Desa. Dimana pelajar dari tingkat dasar hingga aparat desa dapat mengikutinya. Sehingga informasi potensi desa dapat terekspose secara maksimal demi perkembangan Kutai Timur kedepan,” jelas Sukri.

Dirijua juga memastikan, setiap anggota AJKT dalam menghasilkan karya Jurnalis berpedoman pada Kode Etik Jurnalis. Sehingga prodak yang dihasilkan berimbang dan jauh dari Hoax. Sukri juga bakal menegur anggotanya apabila kedapatan tidak mematuhi kode etik.

“Saya berharap dengan keberadaannya AJKT bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan informasi yang akurat, profesional, dan terpercaya,” imbuhnya.

Dimasa pandemi Covid-19 serta suasana Pemilihan Kepala Daerah, menjadi tantangan baji AJKT dalam menyajikan pemberitaan yang diperacaya oleh masyarakat. Pasalnya, diera kebebasan media sosial, bertebar informasi yang harus difilter. (one)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close