HeadlineKutai TimurPolling

Warga Kutim Apresiasi Keseriusan Ismu-Kb Tangani Pandemi

Makin Banyak Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Upnews.id, Sangatta – Terhitung sejak Rabu (3/6/2020) tingkat kesemuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Kutai Timur terus meningkat. Dari 40 pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi Virus Corona, tercatat sudah 20 pasien yang dinyatakan sembuh.

Bahkan, angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini tersisa dua. Itu pun lantaran tengah menunggu hasil swab. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini tersisa 21 orang, yakni masyarakat yang tengah menjalani karantina usai bepergian dari luar kota. Keberhasilan penanganan Covid-19 ini diungkapkan banyak pihak karena keseriusan pemimpin di Kutai Timur, yakni Bupati Ir H Ismunandar MT dan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM.

Salah satunya menurut Maulana warga Kutai Timur, yang memantau langkah pemerintah sejak awal munculnya pasien dengan gejala Covid-19. Dirinya merasa penanganan di Kutai Timur, terlihat jelas berbeda dibanding kota dan kabupaten lainnya di Kaltim.

“Begitu ada pasien terkonfirmasi positif, pemerintah langsung bersikap dan menyusun langkah tegas. Dari mendirikan pos pemantauan di tiga pintu masuk ke Kutim, menyisir para pelaku perjalanan untuk melakukan rapid test, serta berkoordinasi dengan seluruh stakeholder guna membantu penanganan wabah ini,” jelas Maulana.

Tak hanya itu, ia pun mengacungi jempol terhadap langkah Pemkab Kutim yang meminta seluruh kecamatan menyediakan tempat karantina bagi warga pendatang atau yang pulang bepergian. Tanpa ada keseriusan dan kerja sama yang baik, hal itu tentu sulit terwujud.

“Bupati menerbitkan berbagai kebijakan pro rakyat dan warga yang terimbas, bahkan dengan tegas melarang para pegawainya mudik. Sementara Wakil Bupati mencurahkan waktunya untuk ikut mengawasi di posko pintu masuk Sangatta, hingga melakukan penyemprotan di kawasan pemukiman warga,” ujarnya.

Meski demikian, Wabup Kasmidi Bulang mengaku dirinya dan Bupati Ismunandar, tidak terlena dengan terus meningkatnya angka kesembuhan para pasien terkonfirmasi positif Covid 19. Apalagi dengan sudah dimulainya new normal atau menuju normal di Kutai Timur. Dimana tempat ibadah sudah diperbolehkan melakukan kegiatan yang melibatkan warga dan café yang sudah mulai beroperasi.

“Sosialisasi tentang protokol kesehatan tetap kita lakukan. Kegiatan yang melibatkan banyak warga sudah boleh dilakukan, tapi tetap memperhatikan anjuran untuk menjaga jarak dan menggunakan masker. Bahkan portal pengawasan orang keluar dan masuk Kutim tetap kita operasikan. Agar semua tetap dalam pengawasan,” ungkap Kasmidi. (nz)

Baca Juga

Back to top button