HeadlineKriminalKutai Timur

Teroris Pasang Bom Di Mako Lanal Sangatta

Galagaspur menjadi wadah merefresh keterampilan prajurit

Upnews.id, Sangatta – Seorang teroris berhasil menerobos Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Sangatta di Jalan Malahayati Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Kutai Timur. Berdasarkan informasi dari intelijen, yang bersangkutan telah memasang bom disalah satu ruangan Mako.

Mendapatkan informasi tersebut, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, langsung memerintahkan prajuritnya untuk mempertahankan pangkalan. Serta melakukan penyisiran guna mencari bom, dengan menerjunkan tim Force Armada II Quick Respon (F2QR), serta unit K9.

Berkat rutin menggelar latihan, K9 dalam waktu singkat dapat segera menemukan bom yang dipasang di kantor Satkom Lanal. Danlanal pun segera menghubungi Polres Kutai Timur untuk meminta bantuan tim jihandak guna menjinakkan bom. Usai keberadaan pelaku diketahui, terjadi kontak senjata dengan tim F2QR, hingga akhirnya teroris berhasil dilumpuhkan.

Lanal Sangatta Hijaukan Bumi Kutim Dengan Anekaragam Tanaman Buah

Menurut Danlanal Sangatta, itu merupakan sekenario sabotase dan terorisme. Salah satu materi Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Galagaspur) Pangkalan TK.I/P-1 dan TK.II/P-2 yang diujikan kepada seluruh prajurit Lanal selama dua hari, dari tanggal 10-11 Juni 2021. Dengan tim penguji dipimpin oleh Letkol Laut (P) Woddy Oktavia sebagai Danglagaspur Kolatarmada II beserta 7 personel yang lain.

Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Danlanal Sangatta

“Galagaspur merupakan salah satu wadah bagi prajurit guna merefresh kegiatan rutin. Serta memberikan gambaran sejauh mana kesiapan operasi prajurit Lanal Sangatta sebagai bagian dari satuan tugas Koarmada II,” tegas Danlanal.

Adapun materi yang diujikan yakni, Uji tulis, PBB bersenjata, PDD khas TNI AL, Menembak Pistol dan Senapan, Drill PHH, Aplikasi PHH menangani Demo, Sabotase dan Terorisme, Pertahanan pangkalan (Hanlan) Bahaya Darat terbatas dan bahaya udara terbatas serta Penanggulangan kebakaran (PEK).

Beragam simulasi diperagakan sesuai dengan tema uji Galagaspur, seperti penanganan aksi masa di pintu gerbang pangkalan, hingga penanganan serangan udara hingga penanggulangan kebakaran.

“Dari semua materi yang diujikan oleh Kolat, selanjutnya bakal dilakukan evaluasi agar pertahanan pangkalan dan Keterampilan prajurit semakin baik,” tutupnya. (Nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close