HeadlineKutai TimurNasionalRagam

Puskesmas Teluk Lingga Luncurkan Aplikasi SIDENI PELARI

Mudahkan Tenaga Kesehatan Dan RT Untuk Pantau Masyarakat Yang Tengah Karantina Mandiri.

Upnews.id, Sangatta – Pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat untuk berinovasi teknologi diberbagai bidang, salah satunya di dunia kesehatan. Pemanfaatan teknologi ini telah dicontohkan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

Puskesmas yang terletak di Jalan Yos Sudarso III itu, telah melahirkan telemedisin sebagai solusi kesehatan bagi masyarakat. Dengan menghadirkan Aplikasi Sistem Deteksni Dini Dan Pemantauan Isolasi Mandiri Covid-19 Puskesmas (SIDENI PELARI).

Foto : Tampilan Aplikasi SIDENI PELARI

Menurut Keterangan Plt. Kepala UPT Puskesmas Teluk Lingga, Rinda Purnama, SKM. Aplikasi yang dihadirkan merupakan inovasi berbasis android yang digagas oleh Puskesmas, guna mempermudah petugas melakukan pemantauan masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri.

“Semoga dengan hadirnya aplikasi ini dapat memberikan layanan terbaik dan membantu Pemerintah dalam menangangi Covid-19. Dan semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” jelas Rinda.

Rinda menjelaskan, beragam manfaat dapat dirasakan baik oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat. Bagi nakes, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi data pemantauan isolasi mandiri, dengan data konfirmasidan pemantauan yang cepat dan akurat.

Sehingga dapat menurunkan resiko paparan Coronavirus Disease 2019, terhadap tenaga kesehatan yang melakukan pemantauan. Serta dalam jangka Panjang, aplikasi ini dapat meningkatkan kesadaran bagi masyarakat untuk adaptasi New Normal, dan meningkatkan fungsi pemberdayaan masyarakat melalui RT.

“Aplikasi ini juga memberikan informasi yang akurat kepada Pemerintah maupun stakeholder, terkait kasus dan pemantauan. Sehingga daapt sebagai bahan masukan untuk menyusun kebijakan atau perencanan bidang kesehatan,” imbuhnya.

Aplikasi semacam ini sangat membantu tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas, maupun RT. Pasalnya dalam aplikasi ini telah terdapat data warga terkonfirmasi dan pemantauan isolasi mandiri. Dengan data yang akurat, maka dapat menurunkan angka sebarankasus dan kematian akibat Covid-19.

Bagi masyarakat, khususnya Ketua RT maupun pemerintah yang ingin memanfaatkan aplikasi SIDENI PELARI ini. Dapat langsung mendownload secara gratis melalui Wab : http://puskesmasteluklingga.com/ setelah itu Download aplikasi android.(nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close