EkonomiKutai Timur

Pertama Di Kaltim, DPC APSI Hadir Untuk Tingkatkan Skill Satpam Kutim

Upnews.id, Sangatta – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPC APSI) Kutai Timur, pada Senin (07/09/2020) secara resmi dilantik oleh Harmadi Ketua DPD APSI Kaltim di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Pelantikan Edy.S S.H selaku Ketua DPC APSI Kutim, dihadiri oleh Drs. H. Ardi Rudanto, MBA selaku Ketua APSI Pusat, Dirbinmas Polda Kaltim Kombespol Harri Muharram Firmansyah serta Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo selaku Pembina.

Terbentuknya DPC APSI Kutim, merupakan yang pertama di Kaltim. Oleh sebab itu, dalam sambutannya Harmadi selaku ketua DPD APSI Kaltim mengharapkan, dengan terbentuknya asosiasi maka dapat mengakomodir keluhan maupun masukan Satpam.

Ketua DPD APSI Kaltim Sematkan Pin Pada Ketua DPC APSI Terpilih

“Semua masukan anggota bisa diakomodir oleh asosiasi ini, dan dibicarakan hingga tingkat pusat. Sebagai organisasi satpam tertua di Indonesia maka ini wadah bagi satpam untuk berserikat,” jelas Harmadi.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Kaltim menitipkan pesan agar DPC APSI Kutai Timur turut membantu untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19. Pasalnya, setiap hari Kaltim selalu mengalami penambahan kasus positif Covid-19. Untuk mencegah, salah satu cara yang efektif dan murah yakni menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dirinya juga meminta agar DPC APSI Kutim turut membantu menjaga Kamtibmas diwilayah masing-masing, mengingat saat ini Kutai Timur tengah melaksanakan tahapan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

“Dengan terbentuknya APSI, mudah-mudahan bisa menjembatani apa yang menjadi harapan seluruh satpam di Kutai Timur. Karena tugas satpam sama halnya dengan kepolisian, namun secara terbatas,” tegas Kombespol Harri.

Menurut Ketua DPP APSI Pusat, Jumlah satpam di Indonesia 4-5 kali lebih banyak dari Kepolisian. Namun belum terbedakan antara yang terdidik dan belum terdidik. Oleh sebab itu, pihaknya mendorong agar satpam menjadi profesi, sehingga paradigma masyarakat yang selama ini mengganggap satpam bidang bagian rendah dapat terpatahkan.

“Kehadiran APSI untuk menguprgrade kemampuan satpam lebih profesional dan dapat bersaing dengan asosiasi serupa dari luar negeri,” ujar Ardi.

Pengurus DPC APSI Kutim Yang Dilantik

Diakuinya, saat ini ada berbagai agensi jasa pengamanan yang berasal dari luar negeri telah eksis di Indonesia. Oleh sebab itu, jangan sampai tenaga kerja lokal khususnya satpam tersingkir di negeri sendiri.

Mendapatkan masukan dari berbagai pihak, Edy. S selaku Ketua Terpilih DPC APSI Kutim mengaku bakal melakukan berbagai kegiatan dimasa kepemimpinannya. Baik berupa sosialisasi ke perusahaan-perusahaan, maupun program upgrade skill seluruh satpam di Kuitm.

“Dalam waktu dekat kami bakal menggelar pelatihan atau Diksar untuk Grada Pratama bagi seluruh satpam di Kutai Timur,” tegas Edy.

Pihaknya juga bakal terus berkoordinasi dengan Kapolres Kutai Timur selaku Pembina APSI di tingkat Kabupaten. Sehingga APSI menjadi wadah berserikat ribuan Satpam yang bekerja diwilayah Kutai Timur.(nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close