Kutai TimurPolitik

Pandangan Umum Fraksi Nasdem Terhadap Ranwal RPJMD Kutim (2) : Pemerintah Harus Konsisten Pemerataan Pembangunan

Upnews.id, Sangatta – Pada Rapat Paripuna ke-8 dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi dalam dewan, mengenai Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kutai Timur 2021-2026.

Fraksi Partai Nasdem mengharapkan dilakukan keselarasan program pembangunan yang sesuai dengan terwujudnya masyarakat Kabupaten Kutai Timur melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemerintah.

“Fraksi Partai Nasdem juga mengharapkan adanya perkembangan perekonomian yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat dewasa ini. Yang mana kondisi bencana global covid-19 melanda secara nasional maupun mendunia, imbas riil nya termasuk wilayah Kabupaten Kutai Timur,” tegas Kamsiah Rahman selaku Ketua Fraksi pada rapat paripurna.

Nasdem juga menilai, kebijakan daerah dalam menetapkan sektor pertumbuhan ekonomi juga perlu memperhatikan kebutuhan masyarakat, penguatan investasi, pembukaan lapangan kerja baru, hingga aksesbilitas masyarakat terhadap kesejahteraan sosial.

Pandangan Umum Fraksi Nasdem Terhadap Ranwal RPJMD Kutim (1) : RPJMD Harus Sinkron Dengan Pusat

Persoalan utama dalam pembangunan Kabupaten Kutai Timur adalah angka kemiskinan, gini rasio, dan pemerataan infrastruktur wilayah di 18 Kecamatan yang tidak merata. Tentu hal ini menjadi konsentrasi penting dalam dokumen RPJMD dengan visi misi Bupati Kabupaten Kutai Timur 5 tahun ke depan.

“RPJMD sebagai sebuah konsep multi dimensi yang harus dicapai dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pastinya akan memicu perubahan sosial budaya yang bergerak maju atas kekuatan kemampuan daerah untuk lebih berdaya dan memiliki daya saing,” tambah Kamsiah.

Menurutnya, strategi pembangunan yang akan dilakukan pemerintah daerah harus konsiten, menyeimbangkan antara harapan masyarakat untuk hidup adil sejahtera. Sehingga arah rencana pembangunan harus aspiratif bersifat bottom up sesuai kebutuhan rakyat dan kreatif bisa dipadukan dengan ketentuan pembangunan nasional yang sifatnya top down.

Maka RPJMD daerah harus objektif, multi manfaat, terukur jelas tahapan dan sasaran yang akan dicapai sesuai kemampuan pembiayaan daerah yang sehat dan akuntabel berkorelasi positif dengan data objektif dan program yang dimiliki OPD terkait sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan pembangunan dalam segala bidang selama 5 tahun kedepan semoga bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Kabupaten Kutai Timur. Terutama bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi karena selama pandemi covid-19 ini seluruh pihak benar-benar merasakan dampaknya.

Back to top button