Headline

PAMA KPCB Bersama Masyarakat Bengalon Sukses Budidayakan Melon

Upnews.id, Sangatta – PT Pamapersada Nusantara distrik KPC Bengalon (PAMA KPCB), bekerja sama dengan UPT PPPP Kec. Bengalon, bersinergi dalam melakukan Budidaya Melon dengan menggunakan irigasi selang drip. Varietas melon yang digunakan adalah Merlin dan Jumbo di lahan seluas 0,25 Hektar bersama Kelompok Tani Bina Warga Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon.

Melon yang di tanam sejak 22 juli 2021 ini telah panen pada 20 september 2021. Sehingga pada 25 September 2021, Kel. Tani Bina Warga bersama BCRD PT KPC dan PAMA KPCB, mengadakan syukuran panen di lokasi kebun demplot melon yang dihadiri oleh DPRD Kutai Timur Dapil 2 Bpk. Masdari Kidang, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kutim Bpk HM Ajuansyah S.Sos, MM, Kepala UPT PPPP Bengalon Bpk. Luki Harsono S.P, Sekcam Bengalon Ibu Ernawati, Kepala Desa Sepaso Barat Bpk. Abdul Azis serta Kelompok Tani Bina Warga.

Kegiatan dimulai dengan melakukan kunjungan ke lahan sawah Kelompok Tani yang sudah memasuki masa panen. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi demplot melon.

Kegiatan diawali dengan pelaporan dari PPL Sepaso Barat Ibu Okta, bahwa lahan seluas seperempat hektar ini, jumlah pohon yg hidup kurang lebih 3000 pohon yang menghasilkan buah rata rata 2,5 kg per pohon.

Dalam sambutan Project Manager PAMA KPCB Bpk. Dwi Setiono, beliau menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu program CSR di bidang pengembangan usaha masyarakat, dengan menginisiasi tanaman melon menggunakan sistem drip yang lebih memudahkan petani dalam pemberian air dan pupuk sehingga lebih efektif dan efisien.

Selain itu Spv. BCRD PT KPC Bpk Deny Pratama dalam sambutannya sangat mendukung sinergi antara perusahaan dengan pihaknterkait untuk meningkatkan SDM Petani. Harapannya untuk kegiatan lainnya tetap mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Sambutan Plt Kepala Dinas Pertanian Kutim Bapak Ajuansyah sangat berterimakasih atas bantuan serta pendampingan yang bersinergi dengan PAMA KPCB serta BCRD PT KPC, yang selaras dengan misi ketahanan pangan. Selain itu juga beliau sangat mendukung kegiatan pengaplikasian pupuk organik dengan memanfaatkan bahan sekitar sehingga dapat menekan biaya.

Sambutan terakhir oleh Anggota DPRD Kutim Bapak Masdari Kidang sekaligus mewakili Anggota DPRD Kutim Dapil 2, mengucapkan selamat kepada petani yang telah berhasil mencapai panen, dan harapannya kegiatan pertanian ini terus berlanjut. Serta berharap sinergi antara perusahaan, masyarakat dan pemerintah dapat terus berjalan. Beliau sangat mendukung segala kegiatan positif yg telah dilakukan.

Acara peresmian ini diakhiri dengan pemotongan Tumpeng oleh Bpk Ibrahim Ketua Kelompok Tani Bina Warga, sebagai rasa syukur atas berjalan dengan baiknya kegiatan usaha petani padi sawah dan juga hortikultura. (nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close