HeadlineKutai Timur

Lanal Sangatta Dan Tim Sar Gabungan Evakuasi Rasan Dari Perairan Teluk Lombok

Upnews, Sangatta – Personel TNI AL dari Posal Muara Sangatta dan Posmat Aquatic Lanal Sangatta, berhasil melaksanakan SAR terhadap mayat yang terapung di Perairan Teluk Lombok. Pada Kamis (17/09/2020) sekitar pukul 14.00 Wita.

Menurut Keterangan Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Osben A. Naibaho,M.M.M.Tr.Hanla. Pihaknya mendapatkan informasi dari Hasanudin sebagai nelayan, sekitar pukul 12.45 Wita bahwa dirinya menemukan mayat tidak dikenal di perairan Teluk Lombok.

Adanya informasi tersebut, Danlanal segera memerintahkan jajaran dibawahnya untuk berkoordinasi dengan instansi terkait dan memuju TKP guna melakukan SAR gabungan. Sekitar pukul 14.00 Wita anggota menemukan mayat di koordinat koordinat 00⁰ 35″ 8981 N 117⁰ 67″ 7282 E sekitar perairan Teluk Lombok.

Setelah mayat ditemukan, langsung ditarik menuju Pelabuhan Kenyamukan Sangatta dan dilanjutkan proses evakuasi ke RSUD Kudungga Sangatta.

“Operasi SAR merupakan bagian dari tupoksi kami dari TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Sangatta,” jelas Danlanal.

Dari hasil pendalaman informasi, diketahui bahwa korban bernama Rasan, pria 21 tahun warga Punagayya Kabupaten Jeneponto, yang keseharian bekerja sebagai ABK Kapal. Korban terpelesel dari pinggir tongkang saat mencari sisa-sisa batubara di perairan Marangkayu-Tanjung Santan Kabupaten Kukar.

Diketahui, Rasan diinformasikan terjatuh dari kapal pada 3 hari yang lalu. Atau pada Selasa (15/09/2020) saat tengah mencari sisa-sisa batubari dari tepi tongkang.

Selain personel dari Lanal Sangatta, terlibat pula 4 personel dari Pos Sar Kutim, Polairut serta masyarakat dan nelayan. Dalam melakukan evakuasi menggunakan 1 unit Searider Basarnas 2 unit Mopel 40pk TNI AL. (nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close