Kutai Timur

KPC Sumbang Rp11,3 M Untuk Alkes RSUD Kudungga

Upnews.id, Sangatta – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang jatuh pada 12 Oktober mendatang. PT Kaltim Prima Coal (KPC) bersama dengan kontraktornya yakni PT Pamapersadan Nusantara (PAMA) dan Thiess Contractor Indonesia (TCI) menunjukkan kepedulian terhadap daerah dimasa pandemi Covid-19, dengan menyumbang alat kesehatan (Alkes) untuk RSUD Kudungga.

Agenda serah terima secara simbolis dari pihak KPC yang diwakili oleh General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, kepada Pemkab Kutim melalui Bupati Ardiansyah Sulaiman. Yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga pada Jumat (8/10/2021).

Pada kesempatan ini, KPC menyumbang lima jenis Alkes senilai Rp 1,596 miliar. Lima jenis Alkes tersebut berupa tiga unit AirO2, tiga unit Patient Monitor Multi-parameter, satu unit Dry Mist EcoMist, empat unit ADS-Exhaust Hepa Filter-14 + fresh air dan empat unit Smart Air 4.

Sementara Thiess menyumbang Alkes bernilai Rp 418 juta, berupa satu unit Mobil X-Ray System For Medical POX-100BT. Sedangkan PAMA menyumbang enam jenis Alkes senilai Rp 283,9 juta.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, Alkes saat ini menjadi tolak ukur pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sementara Pemerintah Daerah memiliki keterbatas anggaran.

“Pada sisi lain, instruksi Pemerintah Pusat meminta daerah selalu siap dan terus meningkatkan layanan. Daerah dituntut bergerak cepat untuk menyiapkan layanan kesehatan. Solusinya adalah saya meminta dukungan perusahaan,” kata Ardiansyah.

Atas bantuan serta dukungan KPC dan kontraktor, Bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. “Saya terima kasih kepada KPC, PAma Dan Thiess telah memberikan bantuan kepada RSUD. Kepada rumah sakit, mohon ini dijaga dan dirawat dengan baik,” kata Ardiansyah.

GM ESD KPC Wawan Setiawan mengatakan kontribusi Alkes ini adalah salah satu bentuk dukungan ril KPC untuk kelancaran operasional RSUD. “Ini adalah bentuk komutmen kami bersama kontraktor untuk meningkatkan layanan kesehatan di RSUD ini,” ujar Wawan.

Wawan berharap, dukungan KPC dan kontraktor ini bisa menekan laju penambagan kasus Covid di Kutim.

Selain pemberian Alkes kepada RSUD, masih dalam rangka HUT Kutim ke 22 tahun, KPC juga akan meresmikan pembangunan Pusat Pembibitan Ayam Kampung, Local Chicken Breeding Farm, yang berlokasi di PESAT, Kabo Jaya, Sangatta. Peresmian ini rencananya akan digelar, Rabu (13/10/2021), di lokasi Local Chicken Breeding Farm PESAT.

Kegiatan HUT Kutim lainnya berupa Vaksinasi pelajar, yang rencananya akan digelar, mulai Senin-Jumat (11-15/10/2021). Khusus vaksinasi ini, KPC bekerjasama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung.(*)

Baca Juga

Back to top button