Kutai Timur

Komandan Lanal Sidak Dermaga Marine PT. KPC.

Dalam rangka Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Jalur Laut.

Upnews.id, Sangatta – Menindak lanjuti instruksi Bupati Kabupaten Kutai Timur nomor 01 tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro diperketat untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Komandan Lanal (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T..M.Tr.Hanla., CHRMP. Melakukan pengecekan operasional Dermaga Marine PT. Kaltim Prima Coal (KPC), serta kompeyor batu bara pada Rabu (07/07/2021).

Dalam giat tersebut, Danlanal didampingi Palaksa Mayor Laut (P) Herwanto S.E.,M.M.  M.Tr.Opsla dan perwira staf serta management KPC yang diwakili oleh Manager dan Superintendent Marine.

Menurut Danlanal, pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya dalam rangka mensosialisasikan penyekatan dari laut.  Terkait program pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang diperketat, kepada Anak Buah Kapal (ABK) yang selama ini bekerja diwilayah PT. KPC.

“Kesini untuk memastikan penerapan PPKM Mikro berjalan. Pengecekan ini sebagai skat atau tameng dari laut, jangan sampai dari darat sudah disekat secara ketat, malah Covid-19 lolos dan masuk ke kutim dari laut. Ini jangan sampai terjadi,” tegas Danlanal.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh ABK kapal, apabila ada yang sakit segera berobat  dan memeriksakan diri secepatnya untuk mencegah tertularnya penyakit Covid-19, yang akhir-akhir ini penularannya semakin cepat.

Diketahui, sebelumnya Danlanal juga mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur, melakukan peninjauan pos penyekatan yang berada di Sangkima Taman Nasional Kutai (TNK). Dengan adanya pos tersebut, seluruh masyarakat yang akan masuk Kutim dari arah Bontang maupun Samarinda, wajib menunjukan dokumen rapid test antigen/RT-PCR.

Selain di dermaga KPC, Komandan Lanal juga memerintahkan kepada para Komandan Pos TNI AL dibawah jajaran Lanal Sangatta, untuk melaksanakan hal yang sama yaitu penyekatan melalui jalur laut. Seperti di Dermaga Maloy yang dilaksanakan oleh Komandan Pos TNI AL Sangkulirang, begitu pula di dermaga yang berada di Bontang oleh Komandan Pos TNI AL Bontang. (nz)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close