Headline

KETUA DPRD KUTIM, JONI, MINTA PERUSAHAAN BCIP SERAP TENAGA KERJA LOKAL

 

upnews.id SANGATTA – Saat ini, investor begitu banyak melirik kabupaten Kutai Timur, salah satunya BCIP (BATUTA CHEMICAL INDUSTRIAL PARK). Hal ini menjadi perhatian serius ketua DPRD KUTIM, Joni.

Dia meminta perusahaan tersebut yang menanamkan modalnya untuk mengutamakan tenaga kerja lokal. Hal ini untuk mengurangi angka pengangguran di kutim.

“Perusahaan yang berinvestasi di Kutai Timur untuk merangkul putra daerah sebagai pekerja, setidaknya prosentasenya tidak seratus persen dengan tenaga kerja dari luar,ini sebagai upaya mengurangi pengangguran di daerah kita,”ujar Joni.

Menurut Joni,untuk menciptakan tenaga kerja lokal yang handal perlu kembali menghidupkan dan mengoptimalkan BLK (balai latihan kerja) di Kutim agar bisa bersaing secara sehat dengan tenaga kerja dari luar daerah.

“Investasi BCIP ini merupakan peluang bagi masyarakat lokal untuk bisa bekerja,untuk itu saya berharap BLK untuk di optimalkan agar bisa melatih masyarakat lokal sehingga sumber daya manusia lokal bisa di berdayakan juga jika BCIP ini berjalan,”katanya.

Selain itu,Joni ingin instansi pemerintah untuk bisa melakukan pendataan terhadap jumlah tenaga kerja dan pengangguran yang ada di kabupaten kutai timur. Dengan adanya data yang valid kedepan nya setiap investasi yang masuk di kutim bisa langsung mengakomodir pekerja sesuai dengan data yang dimiliki pemerintah.

“Harus ada sinkronisasi dan data yang valid.Kalau ada perusahaan yang masuk,kita sudah memiliki data, tinggal merangkul saja,”pungkasnya. (Ip)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close