HeadlineKutai TimurRagam

Bupati Kutim Resmikan Jaringan Distribusi PDAM di Desa Karya Bhakti Muara Wahau

Upnews.id, Sangatta – Disela-sela padatnya jadwal kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Pemerintah Daerah bersama PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur (TTB KT) berkesempatan meresmikan Pemasangan Jaringan Pipa Distribusi Utama (JDU) di Kecamatan Muara Wahau.

Peresmian ditandai dengan penimbunan tanah ke jaringan pipa oleh Bupati Kabupaten Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kamsidi Bulang, Sekretaris Daerah Irawansyah, Ketua DPRD Joni, Direktur PDAM Suparjan, para asisten dan sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (17/3/2021).

Penimbunan JPU oleh Bupati, Wakil Bupati Kutim dan Forkopimda

Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu komitmen pemerintah melalui PDAM dalam memberikan pelayanan air bersih. Tiap tahun ketersediaan air itu terus dilakukan, seperti hari ini di Desa Karya Bhakti. “Pipa jaringannya akan dipasang sepanjang 7 km, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa beroperasi,” terangnya.

Direktur PDAM TTB KT Suparjan menjelaskan, tahun lalu PDAM unit Muara Wahau sudah meningkatkan kapasitas produksi dari 10 liter/detik menjadi 60 liter/detik. Itu dilakukan guna menunjang perluasan pelayanan air bersih. Termasuk sekarang pemasangan jaringan pipa distribusi utama di Desa Karya Bhakti.

“Pemasangan jaringan distribusi utama ini kita selaraskan dengan program hibah air minum perkotaan tahun 2021. Kecamatan Muara Wahau ada 489 KK sebagai penerima manfaat,” ungkapnya.

Pj. Kades Karya Bhakti Muhammad Nasir berterima kasih atas pemasangan jaringan pipa utama yang dilakukan Pemkab Kutim melalui PDAM. Semoga program ini berjalan lancar dan segera merambah ke desa-desa yang lain. ‘”program layanan air bersih ini merupakan program yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat kami,” jelasnya.

Sebagai informasi, pengerjaan JDU di Desa Karya Bhakti, Kecamatan Muara Wahau bersumber dari anggaran PDAM TTB Kutai Timur dengan nilai Rp 3.865.004.000. Pelaksanaannya dipercayakan kepada PT. Kuala Batee Indonesia sebagai pemenang lelang dengan nomor kontrak : 690/02/kontrak/teknik/PDAM-KT/II/2021. Jangka waktu pelaksanaan 120 hari kalender yang dimulai 8 Maret -5 Juli 2021.

JDU ini memiliki dua kategori, untuk pipa diameter 160 milimeter sepanjang 4,3 Km, sedangkan untuk pipa diameter 90 milimeter sepanjang 3 Km. JDU sepanjang 7,3 Km itu bakal menyalurkan air bersih bagi 700 sambungan pelanggan. (nz)

Baca Juga

Back to top button