Kutai Timur

62 Kades Terpilih Bakal Dilantik Bulan Ini

Upnews.id, Sangatta – Dengan selesainya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 16 Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur pada tanggal 18 Oktober 2021 yang lalu. Kini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutim bersama dengan panitia tingkat Kabupaten, berencana melakukan pelantikan terhadap Kades terpilih.

Ditemui di ruang kerjanya, Kadis DPMD Yuriansyah menjelaskan jika pihaknya sejak beberapa hari yang lalu telah melakukah rapat. Guna mempersiapkan pelantikan 62 Kepala Desa terpilih secara serentak, yang bakal dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

“Kami sudah koordinasi dengan Bupati, Wakil Bupati dan panitia Kabupaten. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021,” jelas Yuri.

Secara umum, panitia tingkat Kabupaten menyiapkan teknis pelaksanaan pelantikan. Sementara untuk kelengkapan Kades terpilih, mulai dari pakaian dan lain sebagainya disiapkan masing-masing. Hal itu berdasarkan petunjuk yang diberikan dari panitia Kabupaten, ke Panitia Kecamatan dan Desa.

Sementara itu untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahap selanjutnya untuk 79 Desa, yang diperkirakan masa jabatan Kadesnya berakhir pada Februari 2023 mendatang. Maka kemungkinan tahapan-tahapan Pilkades serentak bisa dimulai sejak tahun 2022.

Kadis DPMD Pastikan Pilkades 2021 Sesuai Dengan Regulasi

“Sesuai arahan Bupati, kami harus berkoordinasi dengan KPU. Karena tahapan itu jangan sampai berbenturan dengan pelaksanan tahapan Pilkada tahun berikutnya,” tutupnya. (nz)

Baca Juga

Back to top button